Lazio akhirnya mendapat tiket menuju Final Coppa Italia selama musim ini. Biancoceleste sukses mengalahkan rival utamanya, yakni AS Roma dengan skor agregat sebanyak 4-3.

Pada laga putaran yang kedua di babak semifinal yang dilaksanakan di Olimpico, pada Rabu (5/4/2017) dinihari WIB, AS Roma yang meruapakan tim tuan rumah wajib tampil dengan baik demi mengejar kekalahan di putaran pertama, yakni 0-2.

Roma memulai dengan mendominasi di menit pertama dan memiliki kesempatan yang baik pada menit ketiga. Mengawali umpan dari Emerson Palmieri, sepakan Edin Dzeko masih gagal dilakukan.  Kesempatan Roma kembali diperoleh dari Stephan El Shaarawy yang mendesak Thomas Strakosha untuk menjaga gawang dengan cepat. Strakosha juga harus menekan laju Dzeko dalam area kotak penalti.

Sergei Milinkovic-Savic muncul dengan aksinya di menit ke-37 dan juga menambah keunggulan Le Aquile menjadi 3-0. Bermula dari tendangan Ciro Immobile yang dihalangi Alisson Becker, bola mendekat ke Milinkovic-Savic yang kemudian menjadi gol. Roma kemudian membalas pada menit ke-43 saat Stefan De Vrij tak dapat menghadang serangan Antonio Ruediger dan El Shaarawy menuju gawang.

Memasuki babak yang kedua, laga kemudian berjalan lebih santai. Immobile tak dapat memaksimalkan kesempatan menambah keunggulan di menit ke-54, walau terjangannya belum membuahkan hasil. Roma kembali mengejar nilai pada menit ke-66 melalui Mohamed Salah dengan bola El Shaarawy yang mengenai tiang.

Salah lalu menambah perolehan untuk Roma pada menit ke-90 dengan 3-2. Walau menang dengan skor 3-2, Roma tetap tidak dapat melanjutkan laga ke babak selanjutnya karena kalah 0-2 di laga awal. Le Aquile mendapat agregrat skor 4-3 akan menanti hasil Juventus dan Napoli kemudian menuju final.

  • Susunan Pemain

AS Roma, yakni Alisson, Rudiger, Manolas, Juan Jesus (Bruno Peres 46′), Emerson, Paredes (Totti 81′), Strootman, Salah, Nainggolan, El Shaarawy (Perotti 71′), Dzeko.

Lazio, yakni Strakosha, Bastos, De Vrij (Hoedt 46′), Wallace, Basta, Milinkovic-Savic, Biglia (Murgia 71′), Lulic, Lukaku, Felipe Anderson (Keita 57′), Immobile.