RB Leipzig dan Salzburg Diperbolehkan tampil pada Liga Champions

 

RB Leipzig dan Salzburg dapat menghembuskan nafas dengah lega sekarang ini. 2 klub tersebut pada akhirnya raih izin dari UEFA untuk tampil pada ajang Liga Champions musim 2017/2018 walau mereka dimiliki oleh sebuah perusahaan yang serupa.

RB Leipzig dan Salzburg, yang sama-sama digenggam oleh sebuah perusahaan minuman Red Bull, sebelumnya mendapat ancaman tidak dapat tampil pada ajang Liga Champions musim depan biarpun sudahi ajang di zona Liga Champions. Rb Leipzig merupakan runner-up Bundesliga pada musim kemarin, sementara Salzburg adalah juara di Liga Austria.

Kenyataan kalau RB Leipzig dan Salzburg berada dalam genggaman perusahaan yang serupa dikhawatirkan melakukan pelanggaran Article 5 pada regulasi ajang, yang berhubungan dengan integritas ajang.

Tetapi, usai lakukan investigasi, UEFA bilang kalau tidak ada pelanggaran yang berlangsung. Mereka juga diberi izin kedua klub untuk bermain di ajang Liga Champions.

“Usai lakukan penyelidikan secara keseluruhan, dan sejumlah perubahan yang krusial berhubungan dengan tata kelola dan struktur yang dioerbuat oleh kedua klub (berhubungan dengan urusan perusahaan, keuangan, personel, pengaturan sponsor, dan lain-lain), Badan Pengawas Keuangan Klub UEFA (CFCB) menilai kalau tak ada individu atau badan hukum yang punya efek yang menentukan pada lebih dari 1 klub yang ikut artisipasi di ajang klub UEFA,” tulis UEFA pada pernyataan mereka.

Pada ajang Liga Champions musim 2017/2018, RB Leipzig bakal lekas bermain pada tahap grup. Sedangkan Salzburg perlu berusaha dari babak kedua kualifikasi.