Rancangan La Liga Memakai VAR di Musim 2018/2019

La Liga sudah bersiap muntuk ikuti jejak di Serie A dan Bundesliga untuk memakai Video Assistant Referee (VAR). Mereka miliki rancangan untuk memakainya pada musim 2018/2019.

VAR merupakan sebuah terobosan yang diterapkan oleh FIFA. Memakai teknologi tayangan ulang tersebut dapat menolong wasit lewat mengambil peluang berhubungan dengan cetak angka, kartu merah, sampai penalti.

Pada sejumlah liga sepakbola seperti di Australia, Brasil dan Belanda, VAR telah dipakai. Di ajang liga top, Serie A Italia dan Bundesliga pun secara resmi menggunakannya pada musim ini.

Terlepas masih banyaknya kontroversi pemakaian VAR, La Liga miliki rancangan memakainya pula di musim 2018/2019. Hal tersebut dikatakan oleh sang presiden Federasi Sepakbola Spanyol, Juan Luis Larrea.

“Musim berikutnya, hal tersebut orientasi kami. Teknologi telah hadir di sepakbola dan anda perlu dapat terimaitu,” kata Larrea.

La Liga jadi salah satunya liga top Eropa yang malah masih belum memakai teknologi garis gawang untuk menolong jalannya laga.

Rencangannya untuk VAR nanti, mereka bakal lakukan uji coba terlebih dahulu di lebih dari 70 laga. Selain La Liga, Premier League pun masih belum memakai teknologi tersebut.