Everton Masuk Tahap Grup Liga Europa

Everton sukses raih 1 tempat pada tahap grup ajang Liga Europa 2017/2018. Menyusul hasil seri dengan skor 1-1 di kandang Hajduk Split pada pertandingan pertemuan kedua babak playoff.

Dengan begitu, the Toffees lolos dengan keunggulan 3-1 melawan wakil Kroasia tersebut.

Lewat laga yang berlansung pada hari Jumat (25/8/2017) dinihari WIB di Stadion Poljud, Split, tim tuan rumah awali keunggulan lebih awal lewat Josip Radovic pada akhir babak pertama. Cetak angka balasan Everton diciptakan oleh pemain barunya Gylfi Sidgursson tak lama usai restart.

Hajduk memberi ancaman lebih awal usai pemain penyerang Ante Erceg lolos sampai ke depan gawang sebelum dijatuhkan oleh sang penjaga gawang Jordan Pickford. Tetapi, Everton ditolong oleh bendera offside.

Erceg membuat Everton kembali repot walau sepakannya masih melebar. Kesempatan Everton baru tercipta usai 21 menit. Tandukan Cuco Martina melanjutkan umpan silang dari Wayne Rooney masih belum mengarah ke gawang.

Pickford mau tak mau bikin penyelamatan cemerlang untuk memblok sepakan Erceg dari sudut sempit. Sampai akhirnya pada menit 42, gawang Pickford kebobolan dengan sepakan jarak jauh Radosevic untuk memotong agregat jadi 1-2.

Tetapi, cuma sejumlah detik berselang usai kickoff babak kedua Everton dapat samakan skor jadi 1-1 dengan cara yang tak terduga.

Di area tengah lapangan, Sidgursson yang mengambil alih bola dari pemain lawan lesatkan sepakan lambung. Bola lewati kepala penjaga gawang Dante Stipica yang ada di dalam area depan gawang.

Usai 64 menit, wasit beri sepakan penalti usai Ashley Williams memberi Erceg di area terlarang. Namun, eksekusi Ahmed Said sukses dimentahkan Pickford.

Tak ada angka tambahan pada sisa waktu laga. Skor imbang 1-1 tak berubah hingga laga berakhir.

Susunan Pemain

HAJDUK SPLIT: Stipica, Nizic, Borja Lopez, Memolla, Genstoglou, Erceg, Radosevic, Barry (Kovacevic 85′), Vlasic (Kozulj 84′), Juranovic, Said (Tudor 74′)

EVERTON: Pickford, Baines, Williams, Martina, Keane, Schneiderlin, Sidgursson, Besic, Rooney, Calvert-Lewin (Davies 72′), Lookman (Lennon 46′)