Frenkie De Jong memang belum bermain untuk Barcelona. Akan tetapi sang manajer Ernesto Valverde merasa optimistis bila si pemain bisa langsung menyatu dengan gaya bermain Barcelona.

Barcelona dan Ajax telah sepakat soal transfer Frenkie De Jong dari Ajax. Raksa Katalan tersebut harus merogoh kocek sangat dalam guna mendatangkan jasa pemain berusia 21 tahun itu.

Biaya transfer De Jong sendiri menyentuh angka 65 juta pounds. Dengan dana sebesar itulah Los Azulgrana mampu menyingkirkan beberapa klub top Eropa yang juga menginginkan sang gelandang.

Namun pebola internasional Belanda tak langsung mencipi perjalanan barunya di Camp Nou. De Jong baru akan mendarat musim depan.

Valverde memiliki keyakinan soal kualitas dalam diri De Jong. Walau berasal dari Bealnda, si pemain diprediksi tak harus menunggu lama untuk menyatu dengan tim dan melakukan apa yang dia mampu.

“Dia memiliki komitmen, selalu bersemangat dengan bola, menghadapi lawan dengan tenang, punya tanggung jawab dan yang terpenting usianya masih muda. Saya merasa dia sangat cocok dengan klub ini,” kata Valverde kepada Barca Blaugranes.

Di kesempatan yang sama Valverde juga mengungkapkan kondisi terbaru soal Samuel Umtiti. Sang pemain mulai membaik sejak dibekap cedera lutut bulan November tahun lalu, walau si pemain belum bisa dipastikan apakah bisa dimainkan ketika menghadapi Lyon di Liga Champions.

“Pertandingan menghadapi Lyon akan kami jalani usai laga besok, maka kami masih punya waktu untuk mengambil keputusan terkait hal tersebut dan menunggu apa yang akan kami lakukan,” ucap Valverde seperti dilansir Barca Blaugranes.

“Dia sudah absen cukup lama, tetapi dia merupakan pemain yang sangat krusial bagi tim dan kami membutuhkan dia untuk pertandingan di masa mendatang.

“Saya belu tahu apakah dia bisa kembali besok, kami masih menunggu analisa selanjutnya.”