Conte Opsi yang Pas untuk Timnas Italia

Antonio Conte didekati Tim Nasional Italia

Wakil Komisaris FIGC Alessandro Costacurta memiliki harapan agar Antonio Conte kembali menjadi pelatih tim nasional Italia. Bagi dirinya, Conte merupakan sosok yang paling cocok di antara para calon lainnya.

Conte sesungguhnya pernah jadi pelatih Gli Azzurri pada tahu 2014-2016. Tetapi, usai ajang Piala Eropa 2016, dia lekas bergabung dengan Chelsea.

Keadaan Italia sekarang ini juga tengah menggantung. Seiring gagal lolos menuju Piala Dunia 2018, Giampiero Ventura dikeluarkan dan sekarang ini Luigi Di Biagio jadi pelatih untuk sementara.

Pernah hadir sejumlah calon selain Conte. Sebut saja Carlo Ancelotti sampai Claudio Ranieri.

Tetapi untuk Costacurta, Conte merupakan yang paling pas. Bekas pemain bek AC Milan yang sekarang ini memimpin pencarian pelatih baru tim nasional Italia tersebut juga miliki rencana untuk menghubungi Conte.

“Dari para calon potensial, untuk saya Conte merupakan pilihan yang paling pas. Saya bakal berbicara dengan Conte dalam sejumlah bulan ke depan,” imbuh Costacurta.

“Conte telah perlihatkan kalau ia dapat jadi pelatih tim nasional. Kita melihat hal tersebut di Piala Eropa. Sedangkan calon lain belum bisa memberi bukti nyata.”

“Tetapi, bukan berarti saya tak senang kalau Roberto Mancini atau Ancelotti yang hadir. Walau Ancelotti telah berkata kalau ia tidak mau pekerjaan ini.

Nama lain yang juga ikut dihubungkan dengan posisi pelatih tim nasional Italia ialah Gennaro Gattuso. Tetapi Costacurta menganggap jabatan sebagai pelatih tim nasional terlalu cepat untuk Gattuso.

“Saya akan mengatakan langsung: Gattuso, tidak, saya tak akan hubungi dirinya. Ini amat cepat,” kata Costacurta.

“Saya percaya kalau Gattuso bakal jadi pelatih tim nasional beberapa tahun ke depan sebab ia miliki semuanya mulai dari karakter dan determinasi. Namun saya amat suka dengan dirinya. Memilih dirinya saat ini bakal membuat dirinya celaka. Saya mencari pelatih yang miliki sisi pengetahuan dan pengalaman di tingkat paling tinggi,” imbuh bekas bek AC Milan tersebut.

Italia bakal melangsungkan pertandingan pertamanya usai gugur dari babak kualifikasi Piala Dunia 2018 berhadapan dengan Argentina dan Inggris pada bulan Maret. Lewat 2 pertandingan persahabatan tersebut, Di Biagio yang bakal pimpin skuat.