City Perlu Menjaga Aguero

Sergio Aguero sekarang ini jadi satu-satunya pemain penyerang Manchester City yang masih dalam keadaan bugar. Keadaan ini bikin sang manajer Pep Guardiola harus pintar-pintar lakukan rotasi.

City sekarang ini kehilangan Gabriel Jesus. Pemain penyerang yang berasal dari Brasil tersebut alami cedera lutut dan diprediksi bakal absen selama 4 sampai 6 pekan.

Cedera yang dialami Gabriel Jesus bikin Aguero menjadi satu-satunya pemain penyerang pilihan City yang tersisa. Sementara City perlu langsungkan jadwal laga yang padat di 4 ajang yang berbeda.

Sambil menanti Gabriel Jesus pulih, Guardiola juga mengatur waktu tampil Aguero supaya pemain penyerang yang berasal dari Argentina tersebut tidak lelah atau alami cedera. Contohnya ialah pada pertandingan menghadapi Bristol City di pertemuan pertama babak semifinal Piala Liga Inggris yang berlangsung pada hari Rabu (10/1/2018) dinihari WIB.

Lewat laga itu, Guardiola lebih pilih untuk cadangkan Aguero. Ia tampilkan trio Raheem Sterling, Bernardo Silva, dan Leroy Sane yang bergerak dinamis di garis serang.

Guardiola baru turunkan Aguero dalam 20 menit terakhir saat City perlukan angka untuk menangkan pertandingan. Keputusan ini nyatanya tepat sevav Aguero ciptakan angka di injury time untuk membawa City menang dengan skor 2-1.

“Bernardo telah sering tampil di sana dan (Sterling) saat kami tampilkan 5 pemain belakang. Tentu saja hal tersebut bukan posisi alami mereka,” kata Guardiola setelah laga.

“Mereka tidak miliki feeling seperti Sergio dan Gabriel untuk angka, namun kami harus lakukan rotasi dan setiap pemain dilibatkan. Kecuali David Silva, semua pemain tampil di ajang ini. Fernandinho punya sejuta menit di kaki-kakinya, jadi kadang-kadang kami harus memakai pilihan lain,” kata dia.

“Kami buat banyak kesempatan. Tentu saja Sergio telah tampil di banyak laga. Dengan tidak bugarnya Gabriel, kami harus sedikit lindungi dirinya. Sergio tengah on fire, ciptakan angka lagi. Namun, ia terus ciptakan angka pada kariernya,” imbuh Guardiola.

Aguero sampai saat ini jadi top skorer sementara City pada musim ini dengan catatkan 19 angka lewat 25 laga.